Sesi 9

Refleksi kursus on-line

Dalam sesi 9 . pengalaman mengikuti kursus online dalam mempasilitasi guru dampingan ,membantu guru dalam tujuan profesional mengembangkan ketrampilan proses, yaitu merancang rencana pembelajaran yang berpusat pada siswa.pembelajaran aktif menggunakan satu komputer di kelas.melatih penggunaan alat teknologi .melaksanakan co-teching dan solo teaching.
observasi saat mengajar mandiri dan umpan balik untuk menyadari kesalahan guru dan memperbaiki proses pembelajaran .

Membantu ketahanan sekolah : meneruskan hal yang dipelajari guru dalam model pembelajaran
untuk dilaksanakan ,memotivasi guru menerima perubahan cara pembelajaran .
Rencana tindak lanjut akan didiskusikan dengan kepala sekolah membentuk team pendukung program . Yang anggotanya : kepala sekolah ,guru .komite sekolah .
dukungan yang diperlukan sekolah mengadakan melengkapi alat tehnologi .dana .dukungan moril dari dinas terkait.

sekolah meneruskan program pendampingan dengan memilih pemimpin guru ( teacher leader)
yang mampu mengoperasikan alat tehnologi ICT dan mempasilitasi teman guru ,dibantu oleh pengawas binaan sekolah.

Stategi Pendampingan

Stategi Pendampingan on-line mampu menginplementasikan pembelajaran ICT dengan mendukung profesionalisme guru.

Hasil Yang diharapkan Adanya tindak lanjut sekolah, Untuk meneruskan program pendampingan pembelajaran.

Pendampingan berbasis sekolah

Pendampingan adalah sebuah proses hubungan kerja kolaborasi antara pendamping dan yang didampingi. Mendampingi harus dapat membangun kepercayaan dan saling mempercayai ,sehingga yang didampingi merasa nyaman mengungkapkan persepsi dan perasaannya.
disebut pendampingan antara yang didampingi dan pendamping terjadi interaksi yang sejajar.dan relasi timbal-balik .

Sebagai pendamping saya merasa senang dapat bekerja dan mempasilitasi guru merencanakan .membantu guru merancang suatu kegiatan yang berpusat pada siswa dan melakukan observasi.dalam pendampingan dapat menunjuk kerja yang berkesinambungan untuk mencapai tujuan .Pendampingan berbasis sekolah dapat terus dilanjutkan membantu ketahanan di sekolah meneruskan hal yang dipelajari guru dan mengembangkan model pembelajaran.

Tinggalkan komentar